Pelatihan Fasilitasi Pengembangan Usaha Kecil Menengah

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan UKM Kota Banda Aceh melalui Bidang Usaha Kecil Menengah melakukan kegiatan Pelatihan Fasilitasi Pengembangan Usaha Kecil Menengah diaula PMI Kota Banda Aceh yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan UKM Kota Banda Aceh Bapak Ir. Sofyanuddin yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 s/d 25 Mei 2013 di aula PMI Kota Banda melalui dana APBD Kota Banda Aceh tahun 2013 dengan peserta berjumlah 70 orang yang terbagi dalam dua angkatan, yakni : Angkatan satu berjumlah 35 orang dan angkatan kedua berjumlah 35 peserta.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan pelaku usaha kecil menengah mampu mengembangkan usahanya dan mandiri dalam menjalankan usahanya. Melalui program ini dalam rangka mendukung Visi Misi Walikota Banda Aceh memperkuat ekonomi kerakyatan yang nantinya kedepan pelaku usaha kecil menengah mampu bangkit dan bersaing dengan dunia usaha lainnya serta mendukung program gerakan kewirausahaan nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi Dan UKM RI sehingga diharapkan adanya sinergi antara Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Banda Aceh dengan Kementerian Koperasi Dan UKM RI.

Melalui program ini dengan sendirinya akan menyerap tenaga kerja dan membangun sistem perekonomian daerah dalam memberantas kemiskinan didaerah Kota Banda Aceh menuju model kota madani serta diharapkan mampu menerobos peluang-peluang bisnis dunia usaha yang lebih besar. Hal ini tidak terlepas dari besarnya keberhasilan Pemerintah Kota Banda Aceh dan komitmen dalam membangun dan pengembangan Usaha Kecil Menengah,
Sementara itu menurut Fitriana Djafar, S.Si. MT sebagai nara sumber dari Badan Pengkajian Kebijakan Iklim Dan Mutu Industri Balai Riset Dan Standardisasi Industri Kota Banda Aceh menyebutkan secara singkat pengendalian mutu pada suatu usaha bertujuan untuk :

1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu dan terampil melaksanakan tugasnya dengan baik.
2. Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan agar tercapai kepuasan pelanggan.
3. Meningkatkan Kerjasama atau hubungan antara manusia dan semangat kerjasama karyawan
4. Meningkatkan Produktivitas
5. Menurunkan Biaya
6. Terlaksananya kebijakan dan sasaran perusahaan