Koperasi Siswa SMAN 1 Banda Aceh Raih Juara 1 Tingkat Nasional

Kopsi2Koperasi Siswa (Kopsis) SMA Negeri 1 Banda Aceh meraih Juara 1 Audisi Koperasi Siswa Tingkat Nasional di Sentul Leadership Development Centre (SLDC) Sentul Bogor Jawa Barat yang dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 13 Juni 2014. Kegiatan yang diikuti sebanyak 31 provinsi se-Indonesia tersebut diadakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.
Sebelumnya berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Aceh Koperasi Siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh meraih Peringkat Pertama pada Penilaian Tingkat Provinsi dan berhak mewakili Provinsi Aceh ke Ajang Audisi Koperasi Siswa Tingkat Nasional.
Koperasi Siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh diwakili oleh dua siswanya yakni Liza Mareza Prasetia (Kelas X-IA4) dan Melda Nurahmi Saputri (Kelas XI-IS1) serta Guru Pembimbing Dra. Dewi Darmayanti pada Audisi Koperasi Siswa tersebut para siswanya mempresentasikan makalah dengan Judul “Koperasi Sebagai Rumah Kretaifitasku” dihadapan Dewan Juri dari Kementerian Koperasi dan UKM R.I, Praktisi Koperasi, dan Dewan Koperasi Indonesia mendapat aplaus yang luar biasa dari seluruh hadirin yang menyaksikannya.
Berdasarkan sistem penjurian dan kriteria penilaian dengan mempertimbangkan aspek-aspek administrasi, keorganisasian, inovasi, kegiatan usaha, dan hasil presentasi makalah, akhirnya ditetapkan Koperasi Siswa (Kopsis) SMA Negeri 1 Banda Aceh dibawah bimbingan Dra. Dewi Darmayanti sebagai juara 1 Audisi Koperasi Siswa Tingkat SLTA se-Indonesia tahun 2014.
Menurut Kepala SMA Negeri 1 Banda Aceh Khairurrazi, S.Pd., M.Pd, Koperasi Siswa merupakan Laboratorium Sekolah untuk Mata Pelajaran Ekonomi. Dalam berkoperasi siswa dibekali keterampilan, kejujuran, kedisiplinan dan tanggung jawab dalam pengelolaan usaha.

Koperasi Siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh didirikan pada Tahun 1981 pada Tahun Buku 2013 (Posisi 31 Desember 2013) mempunyai jumlah anggota sebanyak 526 orang yang terdiri dari 194 orang laki-laki dan 332 orang perempuan. Kopsis ini mengelola 4 (empat) Unit Usaha yaitu Pertokoan, Cafetaria, Usaha Simpan Pinjam. Dan Usaha Jasa lainnya yang saat ini mempunyai Asset sebesar Rp. 132.452.190,- Modal Sendiri Rp. 119.502.000,- serta memperoleh Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp. 12.125.000,-