PASAR MAHIRAH BANJIR PEMBELI

Pasar Sayur Mahirah Lamdingin

Banda Aceh – Pada suasana Meugang Hari Raya Idul Adha 1441H Tahun 2020, Sudah 2 hari ini rabu dan kamis tanggal 29 s.d 30 Juli 2020, Pasar Mahirah Lamdingin di banjiri pembeli yang berkunjung untuk membeli kebutuhan Meugang dan lebaran seperti Daging, Ayam dan Ikan serta penganan lainnya seperti bahan lontong, kelapa dan sayuran.

Suasana pasar dipadati dengan aktifitas jual beli, pasar daging dan pasar ayam diserbu pembeli, suasana di pasar tersebut sangat padat namun para pembeli tetap menggunakan masker untuk tetap menjaga standar protokol kesehatan pada masa pandemi covid19.

Suasana pasar yang baru di resmikan pada tanggal 7 Juli 2020 yang lalu oleh Plt. Gubernur Aceh yang di wakili Sekda Aceh dr.H. Taqwallah.M.Si menjelang Hari raya idul adha ini cukup ramai, lahan parkir yang cukup luas dipenuhi kenderaan Roda empat dan roda dua, malah sebagian kenderaan juga ada yang parkir di lahan kosong di depan pasar, petugas parkir dan satgas pasar terus mengatur dan memberi layanan dengan penuh semangat kepada pengunjung.

Suasana Tempat Parkir Di Pasar Mahirah Lamdingin

Azis salah satu pedagang daging yg ditemui pada pasar daging dengan wajah tersenyum menyampaikan bahwa “alhamdulillah, dalam 2 hari ini pembeli cukup banyak dan daging yang saya jual banyak laku pak, semoga pasar Mahirah ini terus maju” ungkapnya.

Pasca relokasi dari Pasar Peunayong ke Pasar Al Mahirah Lamdingin memang omzet pedagang banyak yang turun, namun melihat tingkat kunjungan masyarakat yang berbelanja kian hari terus meningkat, kami optimis pasar ini akan maju dan kami juga berharap kepada Pemko Banda Aceh utk terus berupaya agar pasar ini dapat dikembangkan, jangan ada lagi pedagang yang berjualan di jalan pada kawasan lama pasar Peunayong, bila ini dapat dilakukan, semua kita yakin pasar ini akan cepat maju, tambah azis.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh M. Nurdin.S.Sos yang turun langsung ke lokasi pasar bersama Pengelola Pasar Al Mahirah Lamdingin menyampaikan bahwa kunjungan pembeli memang sangat ramai dalam 2 hari megang ini, kami telah mengintruksikan kepada seluruh personil pengelola untuk terus membantu kelancaran akses jual beli di Pasar Maherah tersebut.

Pasar Ayam Mahirah Lamdingin

Beliau juga menyampaikan bahwa Walikota Banda Aceh Bapak H. Aminullah Usman, SE.Ak. MM telah mengintruksikan kepada kpd seluruh jajaran Pemko Banda Aceh untuk memajukan Pasar Al Maherah Lamdingin, maka informasi ini juga harus kita sampaikan kepada seluruh Pedagang dan masyarakat, bahwa Bapak Walikota bersama seluruh jajaran Pemko Banda Aceh sangat komit untuk memajukan pasar ini dan untuk membuktikan komitmen tersebut semua aspirasi pedagang dan masyarakat secara bertahap telah di tindak lanjuti, beberapa langkah yang telah di tindaklanjuti seperti membangun dinding penahan angin pada pasar ikan, daging dan unggas, penyediaan petugas kebersihan yang selalu standbye di lokasi pasar, pembuatan berbagai kegiatan atau event seperti pasar murah, bazar kuliner serta pembagian kupon discount belanja telah dilakukan, disamping itu pembangunan berbagai sarana penunjang seperti IPAL, Jalan, Penataan Halaman Parkir akan diupayaka secara bertahap baik melalui APBK Perubahan 2020 maupun APBK TA.2021, Pemko juga melakukan penataan dan penertiban pedagang di jalan pada kawasan lama pasar ikan Peunayong telah dan terus dilakukan oleh Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh bersama aparat terkait lainnya seperti Disperindag, Dishub, UPTD Pasar dan Muspika Kuta Alam.

“Kita berharap Pasar ini bisa maju dan bisa menjadi pasar induk di Kota Banda Aceh, untuk itu kita berharap semua pihak baik pedagang, masyatakat dan semua pihak di jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh bisa saling bekerja sama dan bisa membantu agar pasar ini benar benar bisa maju, tambahnya.