5 KOPERASI DI KOTA BANDA ACEH MENERIMA PENGHARGAAN KOPERASI BERPRESTASI

Sebanyak 5 koperasi di Kota Banda Aceh menerima penghargaan sebagai koperasi berprestasi tahun 2020 Tingkat Provinsi Aceh.

Penghargaan tersebut diberikan kegiatan puncak Peringatan Hari Koperasi ke 73 dan Hari UMKM ke 5 di Gedung UPTD PLUT Dinas Koperasi dan UKM Aceh hari ini 16 Agustus 2020 yang juga dihadiri oleh PLT Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah,MT, ketua Dekranasda Aceh, Walikota Banda Aceh yang diwakili oleh Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh M. Nurdin S.Sos

“Dalam rangka memberikan motivasi pada koperasi agar dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umum nya, perlu pemberian penghargaan terhadap koperasi yang berprestasi,” kata Plt. Gubernur Aceh dalam sambutannya pada Acara tsb.

Koperasi yang mendapatkan penghargaan yaitu, 3 koperasi untuk jenis koperasi simpan pinjam, 3 koperasi untuk jenis unt koperasi pemasaran, 3 koperasi unt jenis koperasi Konsumen, 3 koperasi unt jenis koperasi Produsen serta 3 koperasi unt Jenis Koperasi Jasa.

Koperasi yang mendapatkan penghargaan tersebut dinilai memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai koperasi berprestasi, sesuai dengan penilaian yang telah dilakukan dgn mempertimbangkan 5 aspek penilaian yaitu Aspek Organisasi, Aspek Tata Laksana dan manajemen, Aspek produktifitas, Aspek Dampak dan Manfaat serta Aspek Pengembangan dan Daya Saing.
Penetapan Koperasi Berprestasi tersebut ditetapkan melalui keputusan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah Aceh tentang Koperasi Berprestasi Tahun 2020.

Dari ke 15 koperasi yang mendapat Penghargaan tersebut, Kota Banda Aceh berhasil menempatkan 5 Koperasi nya sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh tahun 2020 adapun nama2 koperasi yaitu :

1. Primkop Kartika Kapotha Yudha (Peringkat I jenis Kop. Podusen)

2. Primkop kartika Hesti Wira Sakti (Peringkat I jenis Kop. Pemasaran)

3. Kopkar BRI Banda Aceh
(Peringkat I jenis Kop. Jasa)

4. KPN INDAGKOP Kota Banda Aceh
(Peringkat 3 jenis Koperasi Simpan Pinjam)

5. Kopkar BUKOPIN
(Peringkat 3 jenis kop. Konsumen)

“Keberhasilan ini merupakan salah satu bukti keseriusan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam membina Koperasi dan UMKM, ini merupakan capaian yang membanggakan bagi Pemerintah Kota Banda Aceh” kata Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh M.Nurdin S.Sos usai kegiatan tersebut.

“Namun Capaian ini juga harus menjadi penyemangat bagi Dinas Kop UKM dan Dag Kota Banda Aceh ini selaku Instansi Pembina Koperasi dan UMKM agar terus dapat meningkatkan Kinerja nya sebab di tengah kondisi Pandemi Covid 19 saat ini Koperasi dan UMKM sangat butuh perhatian baik dari pemerintah maupun Stake Holder lainnya agar usaha Koperasi dan UMKM dapat terus bertahan dan berinovasi” ujar M.Nurdin S.Sos disela sela kegiatan yang jg turut di hadiri oleh seluruh kepala SKPA dan seluruh Kepala Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM di 23 kab/kota.

Pada tgl 16 agustus 2020 ini juga Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda melaksanakan rangkaian Acara unt memperingati Hari Koperasi ke 73 dan hari UMKM ke 5 yaitu kegiatan gowes bersama yang dimulai pada pukul 7.00 wib dan selesai pada pukul 11.30 wib diikuti oleh seluruh pegawai beserta keluarga yang dimulai dari halaman Dinas di Jalan Soekarno Hatta dengan tujuan pertama mengunjungi dan menyerahkan sertifikat hasil penilaian Kesehatan Unit Simpan Pinjam Koperasi dgn kriteria “sehat” yaitu Koperasi Primkop Kartika Hesti Wira Sakti yang berlokasi di lingkungan Kesdam IM Kuta Alam kemudian dilanjutkan ke titik selanjutnya yaitu di Asia Mart Pango Raya dgn agenda meninjau produk-produk UMKM Banda Aceh yang telah tersedia di Asia Mart tersebut
Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Koperasi UKM dan perdagangan beserta rombongan disambut lgsg oleh ketua Asia sdr. T.Bahrul Bawadi dan jajaran pengurus dan pengelola yang sangat antusias menyambut dan merasa hal ini merupakan kepedulian dan dukungan yg sangat tinggi kepada Asia Mart.

Selanjutnya finish di Pasar Almahirah Lamdingin sekaligus meninjau keadaan pedagang disana pasca dilakukannya relokasi dari kawasan Pasar ikan Peunayong beberapa waktu lalu.

“Kegiatan ini penting dilakukan sebagai bentuk silaturrahmi dan pembinaan dinas kepada binaan nya yang mungkin selama pandemi covid 19 ini agak kurang maksimal sekaligus unt menjaga kondisi kesehatan pegawai dan keluarganya agar tetap bugar dalam melaksanakan tugas sehari ini. Seluruh rangkaian acara tersebut dijalankan dengan protokoler kesehatan seperti jaga jarak antar pengendara sepeda, cuci tangan disetiap lokasi pemberhentian dan seluruh peserta gowes menggunakan masker” kata M.Nurdin sore tadi