Bantuan Peralatan Usaha Mudahkan Masyarakat Banda Aceh Untuk Lanjutkan Usaha Di Masa Pandemi

Banda Aceh- Bantuan peralatan usaha kepada pelaku usaha mikro di Banda Aceh telah diserahkan secara simbolis kepada 18 penerima oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, S.E., Ak., M.M., pada Kamis (01/10/2020) di Pendopo Wali Kota.

Dalam Hal ini, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kota Banda Aceh, M Nurdin, S.Sos mengatakan bantuan tersebut diberikan kepada 100 pelaku usaha mikro terdampak Covid-19 yang sudah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh pihaknya sejak tanggal 10 September 2020 yang lalu.

“Penerima bantuan ini merupaka pelaku usaha yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah dan semua penerima sudah dilakukan pengecekan secara langsung ke lapak usaha penerima,” kata Nurdin.

Nurdin menjelaskan, dari 135 pendaftar telah terpilih 100 pelaku usaha mikro yang memenuhi syarat untuk menerima bantuan Pemerintah Kota Banda Aceh.

“35 pelaku usaha mikro yang gugur tersebut disebabkan beberapa alasan diantaranya adalah sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah dan juga pelaku usaha yang tidak memiliki tanggungan atau belum berkeluarga,” jelas Nurdin.

Kata Nurdin, pada penyerahan bantuan secara simbolis tersebut, diserahkan enam jenis bantuan peralatan yaitu ada 40 peralatan pembuatan kue, ada 20 set perlatan usaha katering, 10 set peralatan usaha bengkel, ada 10 set peralatan usahan warung kopi,10 set peralatan usaha tukang perabot dan 10 set peralatan usaha tukang bangunan.

“Semuanya ada 100 set bantuan peralatan, karena penyerahan secara simbolis jadi yang mewakili setiap jenis peralatan hanya tiga orang saja yang mewakilinya,” kata Nurdin.

Nurdin menegaskan bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian dan perhatian pemerintah kota untuk pelaku usaha mikro yang terdampak Covid-19 di Banda Aceh.

“Bantuan peralatan usaha/kerja tersebut bersumber dari anggaran bantuan yang bersifat khusus dari Pemerintah Aceh untuk penanganan dampak Covid-19 di Kota Banda Aceh Tahun Anggaran 2020,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Muzakkir (38) pelaku usaha tukang perabot, mengatakan dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah tersebut dapat mempermudah usahanya selama masa Covid-19.

“Terimakasih kepada pemerintah kota, dengan bantuan ini bisa mempermudah kegiatan saya selama covid 19, karena alat-alat kalau kita beli baru pun dengan kondisi gak ada dana seperti sekarang ini sulit jadi dengan bantuan ini bisa membantu usaha saya,” harap Muzakir.

Hal yang sama juga disampaikan oleh, Ratna Dewi (54) pelaku usaha katering yang menurutnya usahanya sangat menurun selama pandemi tetapi berkat bantuan tersebut dapat membantu usaha mereka.

“Terimakasih kepada pak Wali Kota yang telah peduli kepada kami selama Covid-19 ini, dengan bantuan ini kami makin bisa mencari nafkah untuk keluarga kami dan bisa menambah penghasilan kami,” tutup Ratna

Daftar Nama Penerima Bantuan Peralatan Usaha