Pasar Murah Kendalikan Harga Pasar Jelang Hari Raya Idul Adha

Banda Aceh – Dalam upaya mengendalikan harga pasar menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Pemerintah Aceh melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh bekerjasama dengan Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kota Banda Aceh menggelar Pasar Murah mulai pada tanggal 05 sampai dengan tanggal 08 Juli 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, M. Nurdin, S.Sos dalam menyampaikan laporan kegiatan Pasar Murah di Taman Sari, Senin (05/07/2021).

Pasar Murah tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM, serta turut dihadiri Kapolres Kota Banda Aceh yang diwakili oleh Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh, Perwakilan Bulog Divre Aceh, Wakil Ketua II DPRK Banda Aceh dan Pejabat Diskopukmdag Kota Banda Aceh.

Nurdin mengatakan, warga Kota Banda Aceh yang datang ke Pasar Murah ini berhak mendapatkan sembako dengan harga yang murah.

“Karena setiap komoditi yang disediakan di pasar murah sudah disubsidikan oleh pemerintah, seperti beras, minyak goreng, gula pasir dan tepung terigu masing-masing disubsidi sebesar Rp 3.000 per kilogram dan per liternya, sedangkan untuk telur ayam disubsidi sebesar Rp 250 per butir,” kata Nurdin.

Setiap warga Kota Banda Aceh dapat membeli beras sebanyak 10 kilogram dengan harga 85.000, gula pasir 1 kilogram 10.000, minyak goreng kemasan 2 liter seharga 27.000, tepung 1 kilogram 8000 dan telur 1 papan dengan harga 36.000.

Nurdin menjelaskan, bagi warga Kota Banda Aceh yang ingin membeli kebutuhan pokok di pasar murah tersebut, persyaratannya hanya membawa KTP Asli dan menerapkan protokol kesehatan.

“Setiap hari panitia pelaksana menyiapkan 300 lembar kupon untuk pembeli yang mulai dibagi sejak pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai di lokasi masing-masing, jadi masyarakat diimbau untuk datang lebih awal dan menukar KTP Asli dengan kupon antrian nanti selesai menebus sembako KTP akan dikembalikan kepada pembeli yang bersangkutan,” jelas Nurdin.

Nurdin menambahkan, Pasar Murah dilaksanakan di lokasi yang berbeda-beda.

“Untuk besok di Halaman Kantor Camat Meuraxa, tanggal 7 di Halaman Kantor UPTD Metrologi dan tanggal 8 di Halaman Kantor Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh,” tutupnya