4 Tahun Pemerintahan A-Z, Koperasi di Banda Aceh Terus Berprestasi

4 tahun kepemimpinan Aminullah Usman SE,Ak dan Zainal Arifin di Kota Banda Aceh telah menunjukan kemajuan sektor perekonomian yang lebih baik diantaranya adalah berkurangnya secara drastis masyarakat atau pelaku usaha yang terlibat dengan praktek “Rentenir” salah satu penyebabnya adalah meningkatnya Peran lembaga koperasi di Kota Banda Aceh, dikarenakan tujuan koperasi itu sendiri yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Koperasi juga semaksimal mungkin memberikan kontribusi  untuk masyarakat disekitarnya. Dengan begitu, tarif hidup masyarakat bisa semakin membaik.

Koperasi bisa diartikan sebagai badan usaha yang mempunyai anggota, dimana setiap anggota memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Setiap anggota mempunyai hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang akan diambil, karena berdasarkan pada musyawarah dan mufakat.Berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 1992 Pasal 3, koperasi memiliki tujuan untuk menyejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Di Kota Banda Aceh saat ini memiliki 388 Koperasi aktif dari total 509 koperasi per 31 juni 2021
Sebagai ibukota provinsi yang memiliki dominasi pada sektor perdagangan dan jasa jumlah koperasi aktif tsb sebahagian besar merupakan koperasi yang bergerak di sektor Simpan Pinjam.
Jumlah koperasi tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun hal ini terjadi karena kesadaran masyarakat dalam berkoperasi terus meningkat hal ini merupakan salah satu indikator capaian yang telah di wujudkan pemerintah kota banda aceh melalui Dinas Koperasi UKM dan perdagangan Kota Banda Aceh.

Selain itu juga Koperasi yang ada di Kota Banda Aceh terus membuktikan eksistensinya dengan menyabet bebebrapa prestasi yang gemilang baik di level provinsi maupun level nasional antara lain :

Tahun 2018 Mampu meraih pendamping kredit KUR terbaik nasional a.n. Yulia Velayyati yang diberikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM R.I

Tahun 2019 meraih penghargaan juara 2 pameran produk unggulan koperasi pada hari koperasi ke 73 di Aceh Timur tingkat Prov Aceh kemudian Koperasi berprestasi tingkat Prov Aceh :

1. Primkop Vijaya Kesuma juara 1 bidang konsumen
2. Koperasi Kokarlin juara 1 bidang jasa (diskop ukm aceh)
Selain itu dikancah nasional juga meraih Juara 1 tingkat nasional koperasi berprestasi a.n. Koperasi Kokarlin yang diserahkan oleh Kemenkop UKM R.I

Pada tahun 2020 ditengah pandemi covid 19 koperasi di kota banda aceh masih mampu menunjukan perannya dengan meraih penghargaan koperasi berprestasi tingkat prov aceh atas nama :

1. Primkop Kapotha Yudha juara 1 bidang produksi
2. Primkop Hesti Wirasakti juara 1 bidang konsumen
3. Kopkar BRI juara 1 bidang jasa
4. Kopkar KKBBA juara 2 bidang pemasaran
5. KPN Indagkop juara 3 bidang simpan pinjam

Pada tahun 2021 karena peran koperasi dikota banda aceh terus menunjukan peningkatan dan kemanpuan yang baik, untuk pertama kali nya kemenkop dan ukm R.I mengalokasikan dana alokasi khusus(DAK)non fisik unt program Peningkatan Kapasitas Koperasi dan UMKM untuk Kota Banda Aceh yang bertujuan untuk melatih para anggota koperasi dan umkm dalam peningkatan kapasitas nya.

Semoga di sisa kepemimpinan ini peran dan prestasi koperasi di Kota Banda Aceh dapat terus di kebut oleh Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan.