4 Tahun Pemerintahan A-Z | Pertumbuhan UMKM Meningkat

Dimasa 4 tahun kepemimpinan Amin Zainal berbagai kemajuan telah dirasa oleh masyarakat Kota Banda Aceh khususnya pelaku UMKM Kota Banda Aceh. Pertumbuhan pesat UMKM di Kota Banda Aceh menambah semarak dan geliat aktifitas UMKM di Kota Banda Aceh khususnya mulai sore hingga malam hari. Aktifitas UMKM menjadikan Kota Banda Aceh hidùp dengan putaran ekonomi yang cukup tinggi.

Pesatnya pertumbuhan UMKM semasa kepemimpinan Amin Zainal karena basarnya perhatian Amin Zainal kepada sektor UMKM. Amin Zainal mengibaratkan UMKM sebagai sawah ladang Kota Banda Aceh. Hingga Februari 2021 jumlah UMKM Banda Aceh mencapai 15.107 UMKM yang terbanyak dari sektor makanan minumam dengan cita rasa enak, enak sekali dan uenak sekali. Hingga saat ini Pemberdayaan Usaha Mikro pemerintah Kota Banda Aceh terus memberikan pendampingan baik dalam bentuk pengembangan capacity building maupun dalam bentuk bantuan peralatan/perlengkapan sarana usaha maupun dalam bentuk bantuan modal kerja.

Bantuan modal kerja pada tahun 2020 diberikan kepada 425 pelaku usaha mikro Kota Banda Aceh dengan nilai Rp. 1 juta untuk setiap pelaku usaha mikro. Sedangkan bantuan sarana atau perlengkapan usaha mulai kepemimpinan Amin Zainal sudah mencapai 12.000 pelaku usaha yang tergabung dalam kelompok- kelompok usaha yang tersebar dalam wilayah Kota Banda Aceh. Banpres BPUM tahun 2020 pemerintah Kota Banda Aceh juga mengusulkan 15.000 calon Penerima dan pada tahun bulan April dan Juni 2021 kembali mengusulkan calon penerima BPUM masing masing 1215 dan 2110 calon penerima.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19 Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan terus mendampingi UMKM Banda Aceh agar terus produktif dan dapat menciptakan lapangan kerja. Upaya ini diharapkan dapat membuat pelaku usaha tetap bertahan dan dapat meningkatkan usahanya, walaupun dalam keadaan pandemi tetap ada pelaku usaha mikro naik kelas dan tetap dapat bermitra dengan usaha mikro lainnya.