UPTD Metrologi Banda Aceh Terima Kunjungan Tim Balai Standarisasi Metrologi Legal Regional 1 Medan

Banda Aceh – Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal Kota Banda Aceh menerima kunjungan Tim Balai Standardisasi Metrologi Legal Regional 1 Medan dalam rangka pengawasan di beberapa pasar di Kota Banda Aceh.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kota Banda Aceh M. Nurdin, S.Sos melalui Kepala UPTD Fikri, ST mengatakan pengawasan tersebut untuk melakukan pengawasan Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) di beberapa pasar di Banda Aceh.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengawasi UTTP yang dipergunakan pedagang untuk transaksi jual beli di beberapa pasar yang ada di Banda Aceh yaitu Pasar Al-mahirah, Pasar Peuniti dan Pasar Setui,” kata Fikri, Kamis (23/09/2021).

Selain itu, kata Fikri juga dilakukan Pengawasan Barang dalam Keadaan Terbungkus (BDKT) terkait dengan aturan penulisan satuan berat dan persyaratan tinggi huruf yang disesuaikan dengan berat kemasan. Selain itu juga dilakukan pengujian kebenaran kuantitas apakah sesuai dengan yang tercantum di kemasan.

“Tim Pengawasan BSML terdiri dari empat orang yang dibagi menjadi dua tim dan setiap tim didampingi oleh dua petugas dari UPTD Metrologi Legal Kota Banda Aceh. Tim Pengawasan UTTP menuju pasar yang sudah ditentukan sedangkan Tim Pengawasan BDKT menuju market/produsen untuk membeli produk kopi kemasan kemudian diuji di laboratorium metrologi,” kata Fikri.

Fikri menambahkan hasil pengawasan tersebut nantinya akan disimpulkan dalam surat resmi oleh tim BSML Regional 1 dan dikirimkan ke Diskopukmdag Kota Banda Aceh.