Selasa 29 November 2022, Pemko Banda Aceh Gelar “Peukan UMKM”

Banda Aceh – Dalam rangka pengendalian inflasi, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan kembali menggelar kegiatan Peukan UMKM pada Selasa, 29 November 2022 mendatang.

Lokasinya di Halaman Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Banda Aceh, Jalan Soekarno Hatta, Gampong Mibo (samping RSUD Meuraxa). Pasar Murah, Bazar Produk UMKM, Talkshow Pembiayaan UMKM, dan Lomba Masak Nasi Goreng akan memeriahkan Peukan UMKM kali ini.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Banda Aceh M Nurdin mengatakan, untuk pasar murah pihaknya menyediakan 800 paket pangan kebutuhan pokok. “Setiap paketnya terdiri dari empat komoditas utama, yaitu 10kg (1 sak) beras seharga Rp 90 ribu, 2 liter minyak goreng Rp 36 ribu, 2 kg gula Rp 23 ribu, dan 1 lempeng (30 butir) telur dengan harga Rp 41 ribu.”

“Total harga beli setiap paket senilai Rp 190 ribu dan setiap paket telah disubsidi oleh Pemko Banda Aceh senilai Rp 50 ribu. Jadi masyarakat bisa belanja senilai Rp 240 ribu, tapi cukup bayar Rp 190 ribu saja,” ujar M Nurdin, Minggu, 27 November 2022 di ruang kerjanya.

Untuk Bazar UMKM sendiri, kata M Nurdin, akan diikuti oleh 15 orang pelaku UMKM yang akan mempromosikan dan menjual produk unggulannya. “Kegiatan bazar juga dirangkai dengan Talkshow Pembiayaan UMKM dengan mengahdirkan empat narasumber lembaga keuangan dari BSI, Bank Aceh Syariah, PNM dan Mahirah Muamalah.”

Kemudian juga bakal ada Pameran Literasi Keuangan yang dirangkai juga dengan kegiatan Sosialisasi BDKT (barang dalam keadaan terbungkus), Pelayanan Tera/Tera Ulang Timbangan atau Perbaikan Timbangan rusak oleh UPTD Metrologi Kota Banda Aceh.

Rencananya, Peukan UMKM 2022 akan dibuka secara resmi oleh Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq. “Kegiatan ini dilaksanakan sesuai arahan beliau sebagai salah satu strategi Pemerintah Kota Banda Aceh dalam pengendalian infalsi daerah,” ujar M Nurdin.

Di samping itu, juga sebagai upaya yang konsisten dari Pemko Banda Aceh untuk menjaga stabilitas harga dan persedian bahan kebutuhan pokok. “Peukan UMKM diharapkan pula dapat membantu pelaku usaha untuk memperkenalkan dan menjual produk usahanya di tengah kondisi perekonomian nasional yang sulit pasca kenaikan harga BBM”.

“Ayo ramai-ramai datang dan menyukseskan Peukan UMKM 2022 di halaman Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Banda Aceh, pada hari Selasa nanti. Kita juga akan menyediakan beragam doorprize menarik kepada pengunjung,” ujarnya.